Asus Zenfone Zoom ZX551ML, Smartphone Pertama Di Dunia Dengan 3X Optical Zoom

Bersamaan dengan peluncuran Asus Zenfone Zoom ZX550, Asus juga meluncurkan Asus Zenfone Zoom ZX551 ML. Zenfone Zoom ini disebut-sebut sebagai smartphone pertama yang menawarkan kamera dengan 3X optical zoom. Smartphone itu pun pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 2015 lalu dan akhirnya dirilis di China pada penghujung tahun yang sama.

Sedikit berbeda dengan Zoom ZX550, Zoom ZX551ML mengusung layar 5,5 inci beresolusi Full HD dengan chipset  Intel Atom Z3590 dan prosessor Quad-Core berkecepatan 2.5 GHz dan satu varian RAM berkapasitas 4 GB.

Asus Zenfone Zoom ZX551ML, Smartphone Pertama Di Dunia Dengan 3X Optical Zoom

Untuk ruang penyimpanan internalnya, terdapat tiga varian penyimpanan, yaitu 32 GB dan 64 GB, serta dapat diupgrade dengan eksternal memori sebesar 128 GB. Berjalan di sistem operasi Android 5.0 Lollipop, smartphone ini juga memungkinkan upgrade ke Android 6.0 Marshmallow.

Di lini fotografinya, Zoom ZX551ML dipersenjatai dengan kamera belakang beresolusi 13 megapiksel yang telah dilengkapi dengan LED Flash dan kamera depan beresolusi 5 megapiksel, sehingga kualita fotografinya tak perlu diragukan lagi.

Mengusung nama “Zoom”, yang menarik dari ponsel ini, yaitu kamera belakang ponsel pintar ini menggunakan optik HOYA dari Jepang dan memiliki kemampuan 3x optical zoom, 12x digital zoom, optical image stabilization, dan fokus laser.

Spesifikasi lainnya, yaitu memiliki layar TFT LCD Display, proteksi layar Corning Gorilla Glass 4, telah mendukung di jaringan cepat 4G LTE, dan berbagai fitur lainnya.

Untuk versi Zoom ZX551ML, ponsel pintar ini dibanderol  harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan Zoom ZX550 yang hanya dibanderol dengan harga 2799 yuan atau setara dengan Rp. 6 juta. Sedangkan Zoom ZX551ML dibanderol dengan harga 3199 yuan atau setara dengan Rp. 6,9 juta.

Ketika pertama kali dirilis, perangkat baru tersebut hanya tersedia di Taiwan saja. Pada saat itu, belum diketahui apakah smartphone itu juga akan mendarat di pasar lainnya atau tidak. Asus Indonesia ketika dikonfirmasi terkait ponsel Zoom tersebut pun memilih bungkam pada waktu itu.